Text
Kurikulum Merdeka: Bahasa Inggris SD 6
Pembelajaran saat ini dikenal dengan era pembelajaran abad 21. Ciri khas pembelajaran ini adalah berupaya untuk membentuk siswa yang berkarakter baik dan memiliki keterampilan berpikir abad 21.
Karakter baik apada pembelajaran abad 21 merujuk pada enam Priofil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong royong; kreatif; bernalar kritis; dan mandiri. Adapun keterampilan berpikir abad 21 meliputi daya cipta dan inovasi (creativy and innovation), berpikir kritis (critical thinking), pemecah masalah (problem solving), pengambilan keputusan (decision making), serta cara belajar dan metakognisi (learning to learn and metacognition).
Buku “Bahasa Inggris Berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa SD/MI Kelas 6” ini disusun untuk membantu siswa memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik sesuai dengan tingkatannya. Di dalam buku ini siswa akan diperkenalkan pada ungkapan dan unsur kebahasaan sederhana untuk membantu siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris sesuai dengan fasenya. Aktivitas-aktivitas yang disajikan sesuai dengan tuntutan kurikulum terbaru yang menghendaki adanya kemampuan baru berbahasa, yakni memirsa dan mempresentasikan. Oleh karena itu, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi menarik serta video-video yang berisi lagu atau cerita singkat untuk mendukung pembelajaran. Untuk memudahkan guru, orang tua, dan siswa dalam mengakses video tersebut, disajikan kode QR dan tautan pendek pada aktivitas terkait.
Kegiatan evaluasi dalam buku Bahasa Inggris untuk Siswa SD/MI Kelas 6 ini disajikan dalam bentuk soal yang beragam (isian singkat, menjodohkan, pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan uraian) untuk mengakomodasi berbagai keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris dengan maksimal.
B0013463 | 420 Set b-6 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain