Text
Matematika SD 3 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Buku Matematika untuk SD/MI Kelas III ini disusun mengacu pada Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Pembelajaran matematika di Kelas III bertujuan agar peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat menentukan nilai tempat, membandingkan, dan mengurutkan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 100, dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100. Mereka dapat menggunakan kalimat matematika terkait penjumlahan dan pengurangan. Mereka dapat mengukur dan panjang dan berat menggunakan satuan baku berupa bilangan cacah dan juga dapat mengkonversi antarsatuan panjang dan berat. Mereka dapat memahami definisi terkait garis dan sudut. Mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel.
strategi pembelajan yang digunakan dalam buku siswa adalah mengikuti karakteristik dari pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual memungkinkan peserta didik untuk lebih mandiri, bernalar kritis dan kreatif sesuai ciri profil Pelajar Pancasila. Komponen pembelajarankontekstual meliputi konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan authentic assessment. Berdasarkan materidan strategi digunakan, buku ini lebih menekankan pembelajaran bermaknadan berkarakter.
Kelebihan buku ni adalah percakapan antara guru dan peserta didik seperti komik sehingga peserta didik tidak jenuhdalam memahami materi. Dalam setiap bab disajikan aktivitas peserta didik yang berdampak pada kemampuan peserta didik dalam menganalisis masalah, menentukan strategi penyelesaian, dan menumbuhkan daya nalar kritis.
B0000400 | 372.7 Tim m-3 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain